Diperkirakan mobil listrik akan terjual lebih banyak dari mobil diesel di Inggris tahun depan

Untuk pertama kalinya, penjualan mobil listrik diperkirakan akan melebihi penjualan mobil diesel di Inggris tahun depan, berkat penurunan harga di muka dan perbaikan infrastruktur pengisian daya publik.

Diperkirakan mobil listrik akan terjual lebih banyak dari mobil diesel di Inggris tahun depan
Electric Cars (src Joenomias/pixabay)

Lebih banyak mobil listrik diperkirakan akan dijual di Inggris daripada model diesel tahun depan, yang menurut para ahli akan menjadi "momen penting".

Mobil baterai listrik sepenuhnya telah terjual lebih banyak dari mobil diesel selama beberapa bulan tahun ini, tetapi 2022 sekarang diproyeksikan menjadi yang pertama kali terjadi dalam setahun.

Sebanyak 260.000 mobil listrik diharapkan akan dijual pada 2022 versus 221.000 model diesel, menurut angka yang diterbitkan kemarin oleh Society of Motor Manufacturers and Traders (SMMT), badan perdagangan otomotif Inggris. Angka tersebut tidak termasuk model hybrid.

"Itu brilian. Saya pikir ini adalah momen penting dalam hal EV [kendaraan listrik] akhirnya datang dari dingin dan menjadi solusi utama bagi orang-orang, ”kata David Bailey di University of Birmingham, Inggris.

Dia mengatakan lonjakan tersebut didorong oleh sejumlah kendaraan baru yang “besar-besaran”, penurunan harga di muka, dan peningkatan dalam jangkauan baterai dan infrastruktur pengisian daya publik.

Kendaraan listrik dipandang penting untuk memenuhi tujuan polusi udara dan perubahan iklim, seperti yang dibahas pada KTT iklim COP26 di Glasgow, Inggris, minggu ini.

Sementara penjualan mobil listrik diperkirakan akan menyalip mesin diesel tahun depan, Bailey mengatakan dia berharap mereka tidak akan melaju melewati mobil bensin sampai sekitar tahun 2024. Setelah tahun 2025, dia berkata: “Saya tidak dapat melihat alasan yang baik untuk membeli mobil bensin. ” Pemerintah Inggris berencana untuk melarang penjualan mobil bensin dan diesel baru pada tahun 2030.