Facebook, WhatsApp, Dan Instagram Kembali Online Setelah Pemadaman Di Seluruh Dunia

Facebook dan layanan lainnya, termasuk WhatsApp dan Instagram, offline pada Senin malam setelah perubahan konfigurasi yang salah.

Facebook, WhatsApp, Dan Instagram Kembali Online Setelah Pemadaman Di Seluruh Dunia
Pemadaman Facebook global (src Thomas Ulrich)

Aigoo gengss, tau gak? Facebook menyalahkan "perubahan konfigurasi yang salah" untuk pemadaman luas yang berdampak pada platform media sosial, bersama dengan Instagram dan WhatsApp, selama beberapa jam pada hari Senin.

Platform telah mengkonfirmasi di Twitter bahwa mereka mengetahui masalah dan bekerja untuk menyelesaikannya setelah ribuan orang melaporkan pemadaman sesaat sebelum jam 5 sore waktu Inggris pada hari Senin.

Pengguna akhirnya dapat mengakses Facebook dan Instagram mulai Senin malam, sementara WhatsApp mengatakan layanannya "kembali dan berjalan 100%" pada pukul 3.30 pagi hari Selasa.

Facebook mengatakan dalam sebuah pernyataan: “Tim teknik kami telah mengetahui bahwa perubahan konfigurasi pada router backbone yang mengoordinasikan lalu lintas jaringan antara pusat data kami menyebabkan masalah yang mengganggu komunikasi ini. Gangguan pada lalu lintas jaringan ini memiliki efek berjenjang pada cara pusat data kami berkomunikasi, membuat layanan kami terhenti.”

Pernyataan itu juga mengatakan: “Kami ingin memperjelas saat ini bahwa kami percaya akar penyebab pemadaman ini adalah perubahan konfigurasi yang salah. Kami juga tidak memiliki bukti bahwa data pengguna dikompromikan sebagai akibat dari waktu henti ini.”

Platform terpengaruh oleh pemadaman pada tahun 2019, dalam sebuah insiden yang membuat #FacebookDown, #instagramdown, dan #whatsappdown menjadi trending di seluruh dunia di Twitter. Beberapa bulan sebelumnya, pengguna Facebook dan Instagram melaporkan tidak dapat membuka halaman atau bagian pada aplikasi