Penghancuran Alam Adalah Ancaman Besar Bagi Umat Manusia

Satu juta spesies terancam oleh aktivitas manusia, tetapi belum terlambat untuk menyelamatkan apa yang tersisa dari keanekaragaman hayati planet kita, dilansir dari PBB.

Penghancuran Alam Adalah Ancaman Besar Bagi Umat Manusia
Kerusakan alam (src RitaE)

Aigoo gengss, Tau gak? Kita itu (manusia) udah menghancurkan alam pada tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya, mengancam kelangsungan hidup satu juta spesies dan juga masa depan kita sendiri, gilak sihh. But belum terlambat untuk menyelamatkan mereka dan kita, kata sebuah laporan besar baru.

“Buktinya tidak bisa dibantah. Penghancuran keanekaragaman hayati dan ekosistem kita telah mencapai tingkat yang mengancam kesejahteraan kita, setidaknya sama seperti perubahan iklim yang disebabkan oleh manusia,” ujar Robert Watson.

Dengan kata-kata ini, ketua Robert Watson meluncurkan pertemuan di Paris untuk menyetujui teks akhir dari laporan utama PBB tentang keadaan alam di seluruh dunia – penilaian terbesar dan terlengkap hingga saat ini, yang dikumpulkan oleh 150 ilmuwan dari 50 negara.

Laporan yang dirilis pada 6 mei 2019, sebagian besar adalah bacaan yang suram. Kita manusia telah secara signifikan mengubah tiga perempat daratan dan dua pertiga lautan. Lebih dari sepertiga tanah dan tiga perempat sumber daya air tawar dikhususkan untuk tanaman atau ternak.

Sekitar 700 vertebrata telah punah dalam beberapa abad terakhir. Empat puluh persen amfibi dan sepertiga spesies karang, hiu, dan mamalia laut tampaknya akan menyusul.