Sejarah Blog Di Indonesia

Pada Tanggal 27 Oktober sebagai Hari Blogger Nasional

Sejarah Blog Di Indonesia
Sejarah Blog Di Indonesia

 

Blog mulai dikenalkan di Indonesia oleh Enda Nasution yang juga disebut sebagai Bapak Blogger Indonesia. Julukan tersebut bukan tanpa alasan. Enda tercatat sebagai blogger pertama di Indonesia dan mengenalkan blog kepada masyarakat Indonesia melalui artikel berjudul “Apa itu Blog” pada tahun 2001.

Pada 27 Oktober 2007, Enda bersama beberapa blogger nasional lain mengadakan Pesta Blogger yang juga diprakarsai oleh perusahaan konsultan komunikasi, Maverick. Acara ini bertujuan menjadi ajang berkumpulnya para blogger Indonesia untuk berdiskusi dan bertukar pikiran mengenai blog.

Pesta Blogger inilah yang menjadi cikal bakal Hari Blogger Nasional. Menteri Komunikasi dan Informasi, Muhammad Nuh, yang saat itu memberikan sambutan pembukaan berinisiatif menyebut 27 Oktober sebagai Hari Blogger Nasional.

Pada tahun 2015, Antara melaporkan terdapat 3,5 persen blogger dari 88,1 juta pengguna internet di Indonesia atau sekitar 3 juta blogger. Angka ini termasuk kecil, mengingat penduduk Indonesia yang berjumlah lebih dari 200 juta orang.

Walaupun jumlah blogger di Indonesia masih terhitung sedikit dibandingkan rasio penduduknya, ketertarikan terhadap profesi sebagai blogger tetap ada, terutama pada anak muda dan kalangan ibu.

Pilihan menjadi blogger tetap menarik karena berbagai manfaat dan keuntungan yang bisa didapatkan dari aktivitas online tersebut. Setidaknya terdapat lima manfaat yang bisa Anda dapatkan dari ngeblog.